SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Program Kerja Tim Konservasi Energi

Jum'at, 15 Januari 2021 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 2911 Kali

Menuju sekolah adiwiyata mandiri banyak hal berkaitan dengan penyelamatan lingkungan terutama lingkungan sekolah yang dilakukan oleh tim adiwiyata. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Adiwiyata SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, khususnya Divisi Konservasi Energi yaitu memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber daya alam yang ketersediannya tidak terbatas.

Salah satu wujud nyata kegiatan tersebut adalah menghemat penggunaan listrik. Penghematan listrik ini dilakukan dengan mengecek penggunaan lampu dan alat elektronik di seluruh lingkungan sekolah secara berkala. Pengecekan berkala ini bertujuan untuk meminimalisasi pengunaan lampu dan alat-alat elektronik di sekolah. Secara fisik SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah sekolah besar dengan jumlah lampu yang terpasang dan pengunaan alat elektronik yang tergolong banyak. Adanya kegiatan rutin tersebut diharapkan semua warga sekolah terbiasa menggunakan lampu dan seluruh perangkat elektronik seefektif mungkin. Artinya lampu dan alat elektronik tersebut dimatikan jika sudah selesai digunakan. Tim yang bertugas mengecek pun bertugas untuk memastikan bahwa tidak ada pemborosan dalam penggunaan listrik.

 

Kegiatan berikutnya dari divisi konservasi energi adalah memastikan ventilasi dan pencahayaan di setiap ruangan memadai. Ventilasi sebagai sarana pertukaran udara di sebuah ruangan harus diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan udara bersih di dalam sebuah ruangan. Adanya ventilasi yang memadai menyebabkan udara bisa bertukar secara berkala. Ruangan menjadi tidak pengap dan udara bersih tersedia untuk dihirup oleh penghuni ruangan-ruangan di lingkungan sekolah.

Pencahayaan pada setiap ruangan tidak boleh luput dari pengecekan. Salah satu cara mendapat pencahayaan yang cukup dengan menggunakan kaca tembus pandang pada jendela-jendela di setiap ruangan yang ada di lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.  Penggunaan kaca tembus pandang dapat mengantarkan cahaya matahari dan memberikan penerangan alami ke dalam ruang kelas maupun ruang-ruang yang lain. Seperti kita ketahui bahwa cahaya matahari memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan tersebut seperti : vitamin D dan UV B yang dapat meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi depresi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kegiatan inti dari tim konservasi energi yaitu pemasangan panel surya pada hari Senin, 11 Januari 2021 dan Rabu, 13 Januari 2021. Panel surya dipasang di atap lantai 5 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta agar terkena sinar matahari langsung dan panel surya tersebut dapat tersinari dengan maksimal. Pemasangan panel surya ini memerlukan dudukan berupa rangka besi karena dipasang di atap. Panel surya yang dipasang terdiri atas 4 komponen yaitu : jenis panel surya polykristalin, sollar charge controller, baterai (aki), dan converter controller.

Energi listrik yang dihasilkan dari panel surya tersebut sebesar 400 watt. Energi listrik tersebut akan dialirkan ke aquascape dan hidroponik. Jadi adanya panel surya ini akan sangat bermanfaat untuk menjalankan program yang memerlukan energi listrik berkaitan dengan penyelamatan lingkungan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Selain itu pemasangan panel surya ini wujud nyata dalam membantu mengurangi pemanasan global sekaligus menghemat tagihan listrik dalam jangka panjang.

 

Oleh: Aprilia Kartika H, S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT