SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Satwa ... Kami Cinta Kami Peduli

Jum'at, 29 Januari 2021 ~ Oleh adminmuga-jhs ~ Dilihat 954 Kali

Satwa memiliki posisi penting dalam kehidupan manusia seperti organisme lain. Sebagai makhluk yang bijak, sudah seharusnya kita memedulikan satwa tidak hanya dari segi pemanfaatannya saja. Kita harus peduli bahwa satwa adalah salah satu kekayaan hayati yang harus dilestarikan. Kita, manusialah yang bisa menolong makhluk lain agar lestari dan tidak terancam kepunahan.

Melestarikan satwa sebagai modal penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Seperti kita ketahui, bumi tidak akan berarti tanpa ekosistem. Satwa merupakan bagian dari ekosistem yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan satwa memiliki arti penting dalam sistem ekologi. Berdasarkan hal tersebut, Divisi Pecinta Satwa Tim Adiwiyata SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menuju adiwiyata mandiri memelihara dan merawat beberapa satwa. Hal ini sebagai wujud komitmen kami untuk menjaga ekosistem tadi.

 

Satwa yang dipelihara oleh Divisi Pecinta Satwa bermacam-macam, diantaranya yaitu sugger glader, burung trucuk, dan burung kenari. Satwa yang dipelihara untuk menyeimbangkan ekosistem air seperti ikan koi, kolam terapi ikan, ikan hias, ikan predator, ikan cupang, ikan guppy, dan pembuatan aquascape. Satwa-satwa tersebut ditempatkan di sudut khusus untuk pemeliharaan satwa di halaman SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sudut tersebut dijadikan satu pada lokasi yang sama supaya mudah dalam pemeliharaan dan menjaga kebersihannya.

Mari kita sayangi dan cintai satwa. Jaga sepenuh hati mulai dari lingkungan kita.

Oleh:
Herdiana Hesti Pratiwi, S.Pd

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT