SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Jl. Kapten Pierre Tendean 19 Wirobrajan

D. I. Yogyakarta

Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Kota Jayapura di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Selasa, 14 Desember 2021 ~ Oleh admin-news ~ Dilihat 754 Kali

Selasa, 14 Desember 2021 SMA Muhammadiyah 1 Kota Jayapura mengadakan Baitul Arqom bagi guru dan karyawannya di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Baitul Arqom ini dipandu oleh MOT (Master Of Training) PP (Pimpinan Pusat) Muhammadiyah. Acara dilaksanakan dari pukul 07.30-20.30 WIB di aula kampus 1 (lantai 3).

Baitul Arqom adalah suatu bentuk perkaderan Muhammadiyah yang merupakan modifikasi atau penyesuaian dan penyederhanaan dari Darul Arqom yang berorientasi pada pembinaan ideologi dan kepemimpinan warga Muhammadiyah untuk menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan, dan cara berpikir di kalangan pimpinan maupun anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah.

Diawali dengan registrasi peserta, rombongan keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Kota Jayapura datang lalu segera cuci tangan dan cek suhu sesuai protokol kesehatan bagi tamu di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Setelah itu para tamu tersebut dites Genose di depan UKS SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tujuan tes ini untuk mengetahui kondisi kesehatan bapak ibu guru dari SMA Muhammadiyah Jayapura. Mereka menuju ke aula lantai 3 jika hasil tes sudah keluar dan dinyatakan negatif dari virus covid-19.

Sembari menunggu hasil tes, beberapa perwakilan dari SMA Muhammadiyah 1 Kota Jayapura beramah tamah dengan Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta selaku tuan rumah. Perwakilan dari PDM Kota Yogyakarta,Drs. Sigit Yudanto, M. Psy. turut hadir mendampingi para peserta Baitul Arqom tersebut bertemu dengan Heriyanti, S.Pd., M.M. di ruang kepala sekolah.

Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Kota Jayapura ini sebenarnya dilaksanakan selama empat hari, tetapi hanya acara hari pertama yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Acara diawali dengan pembukaan. Pembukaan terdiri atas sambutan Kepala SMA Muhammadiyah Jayapura, sambutan Ketua MPK PP Muhammadiyah, dan penyerahan peserta secara simbolis dari Kepala Sekolah kepada MOT BA (MPK PP Muhammadiyah).

Seperti yang kita ketahui dalam Baitul Arqom akan ada pretes di awal kegiatan, orientasi, dan kontrak belajar. Acara dilanjutkan dengan penyampaian tiga jenis materi yang wajib dikuasai oleh para peserta Baitul Arqom. Materi pertama tentang Hakikat Islam (Peran Tauhid dalam Kehidupan) oleh Dr. H. Ari Anshori, M.A. Materi kedua tentang Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah oleh H. Sukriyanto A.R, M. Hum. Materi ketiga yang paling dinanti tentang Lahan dan Agenda Dakwah Muhammadiyah disampaikan oleh Prof. Dr. H. M. Amien Rais, M.A. dari pukul 19.00-20.30 WIB.

Materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. M. Amien Rais, M.A tersebut sekaligus menjadi penutup rangkaian acara di hari pertama. Semoga seluruh kegiatan berjalan lancar tanpa halangan apapun. Diharapkan seluruh peserta memiliki kesatuan sikap, integritas, wawasan, dan cara berpikir dalam memahami dan melaksanakan misi Muhammadiyah setelah mengikuti Baitul Arqom. Selain itu, seluruh peserta diharapkan memiliki pemahaman yang benar terhadap ideologi gerakan Muhammadiyah.

Tetap terapkan protokol kesehatan dan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai tempat pelaksanaan Baitul Arqom untuk SMA Muhammadiyah 1 Kota Jayapura.

Aprilia Kartika H., S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT